Akuntansi FE UNY Kini Terakreditasi A

Program Studi (Prodi) Akuntansi  S1 Fakultas Ekonomi (FE) UNY menuai hasil jerih payahnya dalam menyusun borang akreditasi dengan keluarnya Akreditasi A berdasarkan SK dari Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) nomor 2779/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2017 bulan ini. Hal ini patut disyukuri setelah pada selang tak lama sebelumnya FE UNY juga mendapatkan hasil akreditasi A untuk Prodi Pendidikan Ekonomi. Prodi Akuntansi S1 memperoleh hasil sesuai dengan data yang dikumpulkan dua asesor BAN-PT pada visitasi akreditasi bulan Juli kemarin. Kedua asesor tersebut yakni Prof. Dr. Rahmawati dari Universitas Sebelas Maret dan Dr. Sylvia Veronica NPS., S.E., Ak. dari Universitas Indonesia. Akuntansi S1 memperbaiki akreditasinya setelah sebelumnya memperoleh B.

Dekan FE UNY Dr. Sugiharsono, M.Si. menyampaikan rasa syukurnya atas hal ini. “Tentu ini patut disyukuri bersama. Dengan persiapan yang terbilang mepet, Kaprodi yang masih baru, SDM yang sebagian besar muda dan jumlahnya terbatas, semuanya bisa dicapai dengan kinerja dan upaya yang baik. Setelah ini, tentu tugas selanjutnya adalah untuk meningkatkan kualitas SDM, menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, kegiatan-kegiatan Program Pengabdian Masyarakat yang sesuai dengan keprodiannya, sehingga hasil-hasil karya ilmiah ini menunjang pengembangan Prodi,” pesannya.

Senada dengan itu, Wakil Dekan I Prof. Sukirno, Ph.D. juga menyatakan prestasi ini harus diikuti dengan tindak lanjut. “Di balik pencapaian ini ada tanggung jawab yang besar. Apalagi tahun berikutnya akan diberlakukan sistem daring. Ini tentu menjadi tantangan tersendiri. Butuh persiapan yang lebih baik dari tingkat prodi hingga fakultas. Selain itu, kinerja tentu juga harus lebih baik lagi. Jumlah doktor perlu ditambah,” ucap Sukirno.

“Sebagai prodi termuda di FE UNY, kami sangat bersyukur,” tambah Ketua Program Studi S1 Akuntansi Dr. Denies Priantinah. “Berkat kerjasama dari semua pihak, termasuk team force, dan pihak luar seperti alumni dan para stakeholder, hal ini bisa diraih. Tapi sebenarnya ini menjadi awal bagi kami untuk perbaikan ke depan, baik dalam proses pengelolaan, perkuliahan, hingga output berupa alumni yang lebih baik dan diterima dunia kerja,” ungkapnya.

“Banyak hal yang bisa dilakukan dengan akreditasi ini, terutama sebagai modal bagi pengembangan prodi, institusi, termasuk juga mahasiswa, dosen, serta alumni. Di samping itu, kami juga berterima kasih atas bantuan semua pihak, termasuk masyarakat yang sudah mempercayai kami sehingga menjadi salah satu prodi terfavorit di UNY,” lanjut Denies. (fadhli)