CANTING MALAM “PESONA BATIK NUSANTARA”

Mahasiswa D3 Sekretari 2016 Fakultas Ekonomi (FE) UNY Kampus Wates  menyelenggarakan kegiatan Event Organizer di Alun-Alun Wates, Kulon Progo Sabtu (17/11) lalu. Kegiatan kali ini mengusung tema Canting Malam “Pesona Batik Nusantara”. Fokus dari kegiatan ini adalah memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2018. Dalam kegiatan ini terdapat beberapa program acara, yaitu Bazar UMKM Pengrajin Batik, Bazar Umum, Lomba Fashion Show Rancangan Busana Batik tingkat SMA/SMK se-DIY, Fashion Show Dimas Diajeng Kulon Progo, Tari Sosonderan dan Tari FE dari mahasiswi FE UNY dan Mini Konser dari band lokal Kulon Progo yaitu Lsista, Just One Day, Bronist Reggae, dan Pocary Sunset.

Kegiatan ini berlangsung sejak pagi hari dengan Open Stand Bazar UMKM Pengrajin Batik, dan Bazar Umum. Masyarakat Kulon Progo sangat antusias dan ikut berpatisipasi dalam kegiatan ini terlihat dari pengunjung yang berdatangan ke Stand Bazar UMKM Pengrajin Batik dan Bazar Umum hingga acara ditutup pada malam harinya.

Kegiatan ini pun turut mengundang tamu undangan dari Dinas Pariwisata Muh. Rio Nisafa, S.IP, Dinas UMKM Suzana Budiarti S.Sos, dan Dinas Kebudayaan Joko Mursito S.Sn, MA. Pembukaan kegiatan Canting Malam dibuka oleh Tari FE UNY dan acara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Perdagangan Drs Krissutanto yang mewakili Bupati Kulon Progo.

Dalam sambutannya, Krissutanto mengatakan, pengakuan terhadap batik oleh UNESCO merupakan pengakuan internasional pada kebudayan Indonesia karena batik merupakan warisan dunia dan harus diwariskan kepada anak cucu dengan cara memakai batik di kehidupan sehari-hari.

Lomba Fashion Show Rancangan Busana Batik tingkat SMA/SMK se-DIY diraih oleh Juara 1 (Perancang dan Modeling) dan Juara Favorit (modeling) diraih oleh SMK 1 Pandak, juara 2 (Perancang dan Modeling) diraih oleh MAN 2 Kulon Progo. Masing-masing juara lomba mendapatkan penghargaan berupa piala, sertifikat dan uang pembinaan. (chs/fadh)