Visitasi Akreditasi Prodi Manajemen S1 FE UNY

Penjaminan mutu dalam suatu produk bisa dilakukan dari dua sumber, internal dan eksternal. Internal dari diri kita sendiri, dengan cara berupaya sebaik mungkin sesuai kemampuan. Sedangkan eksternal merupakan cermin dari luar agar bisa terlihat bagaimana hasil dari upaya yang kita lakukan. Dalam hal ini, Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT) menjadi institusi yang berwenang di Indonesia dalam melakukan penilaian terhadap upaya penjaminan mutu yang dilakukan perguruan tinggi di Indonesia. Demikian sebagaimana disampaikan Rektor UNY Prof. Dr. Sutrisna Wibawa dalam sambutannya di sela visitasi dari BAN-PT, Sabtu (1/9) lalu di Program Studi (prodi) Manajemen S1 Fakultas Ekonomi (FE) UNY.

Sutrisna melanjutkan, BAN-PT memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas perguruan tinggi. “Harapannya, penilaian dari BAN-PT bisa dijadikan bahan evaluasi supaya institusi yang bersangkutan bisa terus mengembangkan diri secara berkelanjutan,” tambah Guru Besar UNY di bidang Ilmu Filsafat Jawa ini.

Pada visitasi akreditasi kali ini, BAN-PT mengirimkan dua orang asesornya, Dr. Hari Susanto, M.Si. dan Dr. Siti Komariyah, M.Si. Menurut Hari, asesor bukanlah seorang auditor. “Kami dikirim untuk melakukan pembinaan. Apa yang kami lakukan semata-mata hanyalah memotret, melihat, dan melaporkan apa dan bagaimana yang sudah dijalankan oleh prodi,” jelas dosen Universitas Diponegoro tersebut.

Siti Komariyah yang akrab disapa Kokom mengiyakan pernyataan tersebut. “Kami hanya bertugas mencatat data-data yang ada. Proses klarifikasi dan verifikasi data yang dimiliki menjadi proses penting agar akreditasi bisa berjalan dengan baik,” tambah dosen Universitas Jember itu.

Manajemen FE UNY menjadi salah satu prodi paling favorit di UNY. Jumlah pendaftar prodi tersebut di setiap tahun mencapai puluhan ribu dari tiga jalur penerimaan yang disediakan. Selain jajaran rektorat dan dekanat, visitasi akreditasi prodi Manajemen juga didukung oleh berbagai pihak mulai dari dosen di Jurusan Manajemen, mahasiswa, para alumni, hingga para user dari berbagai lembaga seperti perbankan, perguruan tinggi, dan sekolah. (fadhli)